PEMUDA MUSLIMIN INDONESIA

memperkokoh keislaman dan keindonesiaan menuju peradaban mulia

Jumat, 15 November 2019

Dinamika Jelang Majelis Syuro XIII Pemuda Muslim Mulai Memanas


JAKARTA, PemudaMusliminNews.com – OKP Tertua Pemuda Muslimin Indonesia (Pemuda Muslim) bakal gelar Perhelatan Majelis Syuro XIII (Kongres Nasional) Majelis Syuro III untuk memilih ketua umum periode lima tahun ke depan. Majelis Syuro ini awalnya akan diselenggarakan pada bulan Oktober 2019, namun dikarenakan situasi politik dan prosesi pelantikan Presiden RI sambil menunggu suasana kondusif maka rencana Majelis Syuro segera dilangsungkan pada awal 28 November– 01 Desember 2019 mendatang. Ketua Umum sebelumnya pada Kepengurusan masa Jihad 2014-2019 Yang sekarang masih di Nahkodai Ketua Umum Muhtadin Sabili sudah memegang kendali selama dua periode, Jelang pemilihan ketua umum saat ini, sejumlah dinamika pun bermunculan, Mulai dari nama calon ketua umum, hingga mekanisme pemilihan ketua. Berikut beberapa fakta yang diangkat; Sinyal Kandidat Sejumlah nama kader Pemuda Muslim disebut-sebut bakal mencalonkan diri sebagai ketua umum.Di antara nama yang beredar, 8 (Delapan) nama yang santer terdengar mencuat ke permukaan adalah Muhammad Kasman, Ketua Umum Pimpinan Wilayah (PW) Pemuda Muslim Sulawesi Selatan yang juga saat ini duduk sebagai Ketua II (dua) Pimpinan Harian PB Pemuda Muslimin Indonesia. Catur Arief Setiawan Ketua Umum Pimpinan Wilayah (PW) Pemuda Muslim Jawa Tengah, Jumadi Pimpinan Wilayah (PW) Pemuda Muslim Kalimantan Barat, Ardinal Ketua Umum Pimpinan Wilayah (PW) Pemuda Muslim Sumatera barat, Surakhmat Ketua Umum Pimpinan Wilayah (PW) Pemuda Muslim Sulawesi Barat, Habib Fathan Ketua Umum Pimpinan Wilayah (PW) Pemuda Muslim DKI, dan nama terakhir mencuat disebut-sebut sebagai kuda hitam Tirta. A Kusuma, Sekum Pimpinan Wilayah (PW) Pemuda Muslim DKI yang juga sebagai Ketua Panitia Majelis Syuro XIII.

Muhtadin Sabili meminta supaya tak ada aksi saling sikut di internal Organisasi ini. Ia berharap supaya Kongres Nasional kali ini dapat mengedepankan azas musyawarah mufakat. Hal ini disampaikan Muhtadin Sabili dalam meberikan arahan pada Rapat Panitia MS XIII yang dihadiri pimpinan Harian PB Pemuda Muslim.

Ingin Aklamasi Hingga saat ini, walaupun mekanisme pemilihan calon ketua umum sudah tertera dalam Peraturan Dasar dan Peraturan Rumah Tangga (PDPRT) namun belum ditetapkan oleh Panitia Majelis Syuro XIII. Meski begitu, Sekjend PB Pemuda Muslimin Indonesia Evick Budianto melempar sinyal bahwa pemilihan ketua umum Pemuda Muslim yang baru dapat dilakukan secara aklamasi. Menurut Evick, mekanisme aklamasi pun bagian dari demokrasi. "Aklamasi itu bagian dari demokrasi juga," imbuhnya.. Evick mengatakan, pemilihan ketua umum melalui aklamasi pernah terjadi di internal Pemuda Muslimin Indonesia. Karena sebelumnya, Saudara Ketua Umum Muhtadin Sabili juga terpilih sebagai ketua umum melalui aklamasi pada Majelis Syuro XII tahun 2014. Meski demikian, Evick tetap menyerahkan mekanisme pemilihan ketua umum ini kepada Organisas, "Yaitu dipulangkan kepada seluruh peserta, wufud yang mempunyai hak pemegang suara," ujarnya.

Musyawarah Mufakat Adapun Sekjend PB Pemuda Muslimin Indonesia Evick Budianto berharap agar pemilihan ketua umum Pemuda Muslim dilakukan secara musyawarah mufakat. Artinya, para calon ketua umum yang telah dipilih dan ditunjuk 5 (Lima) orang formatur dari setiap Pimpinan Cabang (PC) maka mereka ini berundinglah dalam Majelis Tertinggi ini yang mempunyai wewenang untuk menentukan satu orang ketua umum. "Jadi kalau calonnya ada beberapa, kan kalau bermusyawarah kan baik. Tenaga kan bisa disimpan untuk berkompetisi dengan pihak lain, paling baik musyawarah mufakat," Evick meminta para calon ketua umum untuk mengesampingkan ego masing-masing. Ia juga meminta seluruh kader Pemuda Muslim dari Sabang sampai Marauke bersatu padu menghimpun kekuatan. Hal ini, menurut dia, sangat diperlukan untuk kemajuan Pemuda Muslim ke depan. "Kita kesampingkan ego-ego yang ada. Di situlah, Pemuda Muslim akan menjadi contoh sebagai Pemersatu dan perekat seluruh anak bangsa dalam membangun Peradaban Mulia, Tutupnya.








Share:

SILATNAS 2021

SILATNAS 2021
Sukseskan Silatnas Pemuda Muslimin 2021

Official Account Media Sosial

Kabar Viral

Bersama Lawan Corona

PILIHAN REDAKSI

Muhtadin Sabili Ditetapkan Jadi Ketua Umum PB Pemuda Muslimin Lewat Aklamasi

Bogor, PemudaMuslimin-News.Com — Forum tertinggi organisasi Majelis Syuro (Kongres Nasional) Pemuda Muslimin Indonesia  menyepakati dan m...