PEMUDA MUSLIMIN INDONESIA

memperkokoh keislaman dan keindonesiaan menuju peradaban mulia

Rabu, 19 Mei 2021

19 Mei dalam Sejarah: Pemuda Muslimin Bersama Puluhan Ribu Mahasiswa "Duduki" Gedung DPR/MPR


Jakarta, PemudaMusliminNews — Hari ini 23 tahun yang lalu, atau tepatnya pada 19 Mei 1998, puluhan ribu mahasiswa "menduduki" gedung DPR/ MPR. Mereka tak hanya memadati pelataran DPR, tapi juga menaiki kubah gedung, memenuhi taman-taman, lorong-lorong maupun ruangan lobi. Hal itu merupakan demonstrasi terbesar yang pernah dilakukan Pemuda dan mahasiswa selama 30 tahun terakhir di Gedung DPR/MPR.

Para Pemuda dan mahasiswa melakukan aksi demo di DPR/MPR sejak Senin, 18 Mei 1998. Tapi pada Selasa, 19 Mei situasi keamanan lebih longgar. Bahkan ojek pun bisa mengantar mahasiswa sampai ke dalam kompleks DPR. Diberitakan Harian Kompas, Rabu, 20 Mei 1998, mahasiswa secara bergelombang mulai memasuki DPR sejak pagi hari. Mereka datang dengan bus-bus carteran maupun bus resmi universitas masing-masing.

Karena penjagaan longgar, maka sebagian dari mereka secara leluasa langsung berupaya mendaki puncak kubah gedung DPR. Di sana mereka memasang spanduk panjang yang meminta agar Presiden Soeharto segera mundur dari jabatannya. Dalam aksi itu, lebih dari 100 orang mahasiswa Fakultas Kedokteran UI, beserta 30 dokter spesialis, turut berjaga-jaga di sekitar lokasi.

Mereka tersebar di seluruh penjuru halaman gedung DPR/MPR dengan membawa 15 mobil ambulans 118. Kelompok medis yang bersiaga untuk memberikan pertolongan pertama jika terjadi sesuatu dalam aksi mahasiswa itu dikepalai dr Aryono Juned Pusponegoro.

Di samping Pemuda dan mahasiswa, sejumlah tokoh tampak hadir berbaur dengan kerumunan massa, seperti pakar hukum tata negara dan anggota Komnas HAM Prof Dr Sri Soemantri, tokoh "Malari" dr Hariman Siregar, Sukmawati Sukarnoputri, Guruh Sukarnoputra, tokoh HAM HJ Princen, Ketua Komite Nasional Indonesia Untuk Reformasi Ny Supeni, Ali Sadikin, Karlina Leksono, mantan Ketua DPR/MPR Kharis Suhud. Mereka sempat melakukan dialog dan diskusi dengan para Pemuda dan mahasiswa yang berunjuk rasa.

Aksi damai puluhan ribu Pemuda dan mahasiswa tersebut sempat tegang ketika sekitar pukul 10.30 WIB datang sekitar 300 orang dari organisasi Pemuda Pancasila, Forum Putra-Putri Purnawirawan dan ABRI (FKPPI), Panca Marga, Ikatan Pencak Silat Indonesia, ulama Madura, dan Pendekar Banten. Pemuda Pancasila, FKPPI serta Panca Marga menggunakan seragam loreng. Mereka dipimpin Ketua Pemuda Pancasila Yapto Suryosumarno dan Yorrys Raweyai yang juga anggota MPR.

Mereka tampil berbeda dengan delegasi mahasiswa, karena spanduk yang mereka bawa berisi dukungannya terhadap Presiden Soeharto serta menolak Sidang Istimewa MPR. Saat diterima F-KP DPR, Yorrys dan Yapto juga menyampaikan dukungannya terhadap pernyataan Panglima ABRI, termasuk rencana pembentukan Dewan Reformasi. Suasana sempat agak tegang karena kubu mahasiswa dan organisasi pemuda ini saling mendekat, sehingga tersisa jarak hanya beberapa meter.

Melihat situasi ini, sebuah mobil komando yang dikendarai Komandan Kodim Jakarta Pusat Letkol Inf S Widodo melaju, dan kemudian berhenti membelah kedua kelompok tersebut. Pada saat genting itu datang pula Letkol Inf Bambang GB, yang menjadi komandan lapangan di Gedung MPR/DPR, mencoba meredakan situasi. Mantan anggota DPR, Sabam Sirait, yang berada di situ juga mencoba mengintervensi. Dia mendatangi Yapto dan Yorrys dari Pemuda Pancasila dan sambil menepuk-nepuk Yorrys, dia menanyakan apakah mereka pro-reformasi. Yorrys menjawab bahwa mereka juga pro-reformasi. Mendengar jawaban itu, Sirait mengimbau mereka meninggalkan gedung MPR/DPR.

Desakan sidang istimewa 

Sebelumnya, para mahasiswa dan pemuda mencoba mengadakan negosiasi, yang akhirnya tercapai kesepakatan bahwa kedua pihak akan berdemo secara tertib dan tidak saling menyerang. Sekitar pukul 12.00 WIB para pemuda meninggalkan gedung MPR/DPR. Berbagai organisasi kemasyarakatan, pemuda, keagamaan, dan mahasiswa yang berada di gedung maupun di luar gedung DPR/MPR sepakat, agar ABRI bertindak dan berpihak kepada rakyat. Mereka juga tetap mendesak MPR untuk segera mengadakan sidang istimewa agar krisis ekonomi dan politik segera teratasi, dan kepercayaan masyarakat kembali pulih. Selain itu, juga meminta agar tindakan represif terhadap pers, khususnya kepada televisi dan radio swasta dihentikan.

Demikian antara lain benang merah pernyataan dari berbagai organisasi nonkampus, seperti PB Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), PWNU Jawa Barat, Peneliti LIPI, Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI), PMKRI Cabang Samarinda, PB Pemuda Muslimin Indonesia (Pemuda Muslim), Staf Pengajar Universitas Krisnadwipayana, Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia (PPMI), Pijar Indonesia, Federasi Pilot Indonesia (FPI), Forum Mahasiswa Pascasarjana Universitas Indonesia (Forum Wacana), Universitas Andalas, Alumni Forum Komunikasi Mahasiswa, alumni dan dosen STIE/STIMIK Perbanas, Senat Universitas Kristen Indonesia (UKI), Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Kristen Indonesia (BK-PTKI), Wartawan Indonesia, Solidaritas Profesional Untuk Reformasi (SPUR), dan Satgas Keluarga Mahasiswa ITB. Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) juga menyerukan agar MPR mengadakan Sidang Istimewa sesegera mungkin dengan melihat keadaan yang makin memburuk belakangan ini. "MPR harus segera mengadakan pemilihan umum sesegera mungkin untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden yang baru," bunyi pernyataan itu.

Semangat perjuangan mahasiswa Indonesia

Forum Wacana UI mengingatkan akan adanya upaya-upaya untuk menggembosi dan merancukan semangat Tan Hana Dharma Mrangwa (Tiada Pengabdian Yang Mendua) yang menjiwai perjuangan mahasiswa Indonesia. Adanya upaya-upaya untuk mengubah arah gerakan reformasi total dari misi mulia menjamin demokratisasi, berubah menjadi gerakan reformasi yang sempit. Sedangkan kalangan SPUR yang mengadakan demo di pelataran gedung Bursa Efek Jakarta (BEJ) menuntut reformasi total, terutama agar MPR segera mengadakan Sidang Umum Istimewa. Sedangkan FPI minta kepada pemerintah dan MPR/DPR dapat segera memulihkan stabilitas politik dan mengembalikan keadaan ekonomi, sosial dan budaya sesuai tuntutan zaman atau reformasi modernisasi.

Delegasi peneliti LIPI yang dipimpin Kepala Puslitbang LIPI Mochtar Pabottinggi mewakili 109 peneliti LIPI diterima F-PP DPR. Para peneliti LIPI menuntut pertanggungjawaban Presiden atas segala penyimpangan Orde Baru yang merusakkan sendi-sendi kehidupan politik, ekonomi, hukum dan kemasyarakatan yang membawa bangsa pada situasi seburuk sekarang ini.

Sampai Rabu (20/5/1998) dini hari, ribuan mahasiswa masih tetap bertahan di situ. Suasana malam hari mirip pasar malam, karena seluruh mahasiswa secara bersemangat tetap melakukan aksinya lewat orasi, pembacaan puisi dan sebagainya. Di arena ini pun dibangun stan konsumsi yang merupakan sumbangan berbagai pihak yang bersimpati terhadap perjuangan mahasiswa. Sejumlah pengusaha yang tergabung dalam Fosko 66, antara lain menyumbang ribuan nasi bungkus dan satu mobil boks minuman air mineral.




Share:

SILATNAS 2021

SILATNAS 2021
Sukseskan Silatnas Pemuda Muslimin 2021

Official Account Media Sosial

Kabar Viral

Bersama Lawan Corona

PILIHAN REDAKSI

Muhtadin Sabili Ditetapkan Jadi Ketua Umum PB Pemuda Muslimin Lewat Aklamasi

Bogor, PemudaMuslimin-News.Com — Forum tertinggi organisasi Majelis Syuro (Kongres Nasional) Pemuda Muslimin Indonesia  menyepakati dan m...